Beranda | Artikel
Motivasi Berdzikir
Selasa, 14 Februari 2023

Bersama Pemateri :
Ustadz Mubarak Bamualim

Motivasi Berdzikir adalah bagian dari ceramah agama dan kajian Islam ilmiah dengan pembahasan kitab Riyadhus Shalihin Min Kalam Sayyid Al-Mursalin. Pembahasan ini disampaikan oleh Ustadz Mubarak Bamualim, Lc., M.H.I. pada Selasa, 16 Rajab 1444 H / 7 Februari 2023 M.

Motivasi Berdzikir

Sorang yang berzikir pada Allah Ta’ala akan mendapatkan ganjaran yang besar di sisi Allah. Sebagaimana Allah berfirman:

… وَالذَّاكِرِينَ اللَّهَ كَثِيرًا وَالذَّاكِرَاتِ أَعَدَّ اللَّهُ لَهُم مَّغْفِرَةً وَأَجْرًا عَظِيمًا

“Dan laki-laki dan wanita yang banyak berzikir mengingat Allah, Allah menyiapkan untuk mereka ampunan dan pahala yang besar.” (QS. Al-Ahzab[33]: 35)

Dan Allah perintahkan kepada kaum mukminin:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اذْكُرُوا اللَّهَ ذِكْرًا كَثِيرًا (41) وَسَبِّحُوهُ بُكْرَةً وَأَصِيلًا (42)

“Wahai orang-orang yang beriman, berdzikirlah kalian (dengan menyebut nama) Allah dengan dzikir yang banyak. Dan bertasbihlah mengingat Allah baik dipagi hari maupun petang.” (QS. Al-Ahzab[33]: 41-42)

Di dalam ayat ini Allah memerintahkan kepada kaum mukminin secara umum untuk berdzikir kepada Allah dengan dzikir yang banyak.

Adapun hadits-hadits Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam yang dibawakan oleh Al-Imam Abu Zakaria An-Nawawi Rahimahullahu Ta’ala, di antaranya:

وعن أَبي هريرة – رضي الله عنه – قَالَ: قَالَ رسُولُ الله – صلى الله عليه وسلم: «كَلِمَتَانِ خَفِيفَتَانِ عَلَى اللِّسَانِ، ثَقِيلَتَانِ فِي المِيزَانِ، حَبِيبَتَانِ إِلَى الرَّحْمانِ: سُبْحَانَ اللهِ وَبِحَمْدِهِ، سُبْحَانَ اللهِ العظيمِ». متفقٌ عَلَيْهِ.

Dan dari Abu Hurairah Radhiyallahu ‘Anhu, beliau berkata: “Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda: ‘Ada dua kalimat yang mana dua kalimat ini ringan dilisan (diucapkan), berat dalam timbangan, sangat dicintai oleh Allah yang Maha Pengasih: Subhanallahi wabihamdih, Subhanallahil ‘adzim (Maha Suci Allah dan dengan mengucapkan puji-pujian padaNya dan Maha Suci Allah yang Maha Agung).`” (Muttafaqun ‘alaih)

Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam mengajarkan kepada kita dua kalimat yang amat mulia dan ringan untuk diucapkan ini.

Sebelum beliau menganjurkan kita untuk memperbanyak berdzikir dengan dua kalimat ini, beliau Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam memberikan kalimat-kalimat pendahuluan. Kalimat-kalimat pendahuluan ini untuk mendorong seorang hamba dalam berdzikir dengan dua kalimat ini. Makanya beliau awali dengan kalimat: “Dua kalimat yang ringan di atas lisan.” Artinya bahwa kalimat yang demikian bagusnya ini adalah kalimat yang mudah/ringan untuk diucapkan oleh lisan. Ini adalah kalimat-kalimat yang mendorong seseorang konsentrasi mendengar apa yang akan disampaikan oleh beliau.

Kemudian beliau menambah bahwa dua alimat ini “Ringan dalam ucapan namun berat dalam timbangan.” Timbangan adalah satu hal yang wajib kita imani sebagai orang-orang yang beriman kepada Allah dan beriman kepada hari akhir. Di hari kiamat kelak amal-amal kaum mukminin akan ditimbang di atas Mizan. Dan ulama Ahlus Sunnah wal Jama’ah dalam aqidah mereka semua sepakat bahwa timbangan amal di akhirat kelak adalah haq.

Dua kalimat ini adalah dua kalimat yang benar dalam timbangan amal kebaikan seseorang dihari kiamat kelak. Ini juga merupakan dorongan/sugesti kepada seorang untuk mencermati kalimat yang akan diucapkan Beliau.

Bagaimana penjelasan lengkapnya? Mari download dan simak mp3 kajian kajian yang penuh manfaat ini.

Download MP3 Kajian


Artikel asli: https://www.radiorodja.com/52690-motivasi-berdzikir/